You dont have javascript enabled! Please enable it!

RadarBabel dot Com

Liputan Kejut Kabar Bangka Belitung Dan Berita Nasional Dadakan

Liputan Fakta Ngejut Bangka Belitung » Redesain Terminal Kelapa Bangka Barat
Redesain Terminal Kelapa Bangka Barat

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming

Pemda Bangka Barat Akan Redesain Terminal Kelapa Menjadi Multifungsi

Berita Bangka Belitung Black NewsBERITA BANGKA BELITUNG

Radar Babel – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menyatakan fokus utama redesain dari rencana penyesuaian tiga pasar nyang ada di Babar adalah Terminal Kelapa, bahkan DED (Detail Engineering Design) nya sudah disusun.

Hal tersebut diungkapkan Wabup Bangka Barat Bong Ming Ming baru – baru kala meninjau terminal bis di Kecamatan Kelapa. Menurut wabup, Pemda telah mempunyai rencana untuk menyesuaikan tiga pasar yang ada di Bangka Barat, yakni Pasar Muntok, Kelapa dan Parittiga. Namun fokus utamanya Terminal Kelapa.

Diketahui terminal Kelapa yang dulu pernah ramai menjadi tempat singgah bis rute Muntok – Pangkalpinang dan sebaliknya, sekarang sudah tidak berfungsi lagi, hingga berdampak terhadap para pedagang kecil atau UMKM yang biasa mangkal di terminal karena dagangannya sepi pembeli.

“Terminal Kelapa kita susun DED-nya berkenaan dengan Terminal Kelapa itu bisa menjadi ruang untuk orang banyak, bisa untuk UMKM dan sebagainya,” kata Bong Ming Ming via telepon, Senin ( 9/1/23 ).

Konsep redesain multifungsi Terminal Kelapa Bangka Barat

Dikatakan Wabup, Pemda akan mengembangkan konsep multifungsi pada Terminal Kelapa. Selain sebagai terminal, juga bisa menjadi pusat UMKM serta ruang publik yang bisa dimanfaatkan masyarakat banyak.

Di samping itu rencananya akan diupayakan tempat penginapan, tempat belanja serta rest area.

“Jadi yang datang ke situ bukan hanya bis tapi mobil – mobil umum juga. Kita mulai dari hal yang paling kecil dan paling mudah yang kelihatan. Terminal itu kan nggak dipakai lagi, karena itu ingin kita hidupkan kembali karena terminal itu sudah lama ” meninggal”.

Jadi perbaikan itu menjadi salah satu upaya agar terminal itu bisa difungsikan kembali biar punya nilai,” jelas Wabup.

Salah satu penyebab “matinya ” Terminal Kelapa yakni supir bis enggan masuk, sehingga terminal tersebut sepi. Menurut Bong Ming Ming, hal itu nantinya akan disiasati dengan merekayasa lalu lintas.

Wabup Bong Ming Ming menyatakan redesain terminal Kelapa akan segera dilaksanakan
Wakil Bupati Bangka Barat,Bong Ming Ming

“Jadi kita ada rekayasa lalu lintas nantinya untuk memasukkan bis ke situ kan berkenaan dengan retribusi. Sehingga dengan adanya terminal itu bis berhenti di situ UMKM bisa hidup,” imbuhnya.

Anggaran untuk pengembangan redesain terminal Kelapa Babar akan dikucurkan secara bertahap. Sumbernya kata Bong Ming Ming bisa dari Dana Bantuan ( DABA ) ataupun sumber lainnya.

Terkait penyesuaian pasar, menurut Bong Ming Ming untuk Pasar Kelapa secara umum masih terlihat bagus, tinggal dirapikan beberapa hal saja.

Untuk Kecamatan Parittiga kata Wabup, saat ini terdapat dua pasar, Pasar Lama dan Pasar Baru. Setelah ditinjau beberapa kali, dia menilai Pasar Baru belum berfungsi maksimal.

“Jadi setelah saya lihat yang harus diintervensi ya Pasar Baru ini. Jadi direhab sedikit dikembangkan, ada tempat untuk UMKM, WC dilengkapi. Musholla sudah dibangun oleh PT. Timah,” ujarnya.

Agar Pasar Baru dapat berfungsi maksimal, maka Pasar Lama akan ditutup dulu sambil menunggu pengembangan. Menurut Bong Ming Ming para pedagang nantinya akan diarahkan ke Pasar Baru.

“Jadi kita arahkan semua ke Pasar Baru kita tata dulu. Kita upayakan semua pedagang masuk, UMKM masuk semua sekaligus memfungsikan terminal sebagai tempat parkir untuk para pedagang maupun pembeli,” cetusnya.

error: